Rabu, 02 Juni 2010

CREDIT UNION : Bukan Koperasi Biasa!

BUKAN KOPERASI BIASA

“Apa bedanya Credit Union (CU), Koperasi, dan BPR?” salah satu undangan yang hadir bertanya. Sebelum Ibu Manager CU, memberikan penjelasan panjang lebar mengenai perbedaan secara teknis antara CU dan bank, Bapak Alex, Ketua Pengurus CU Esthi Manunggal sekaligus ketua rombongan dari Solo, menjawab dengan pernyataan singkat, “CU adalah lembaga keuangan dengan semangat koperasi dan dikelola dengan sistem seperti bank.” Itu adalah salah satu bagian dari acara sosialisasi Credit Union di Aula SMP Pangudi Luhur Salatiga pada tanggal 18 April 2010. Acara diprakarsai oleh ketua seksi Pengembangan Sosial dan Ekonomi Dewan Paroki St. Paulus Miki, Salatiga dengan mengundang CU Esthi Manunggal Surakarta sebagai narasumber dan dihadiri oleh undangan dari anggota dewan paroki dan para ketua lingkungan. Aku ikut hadir di acara itu selaku sekretaris pengurus CU Esthi Manunggal periode 2010-2012.

APA ITU CREDIT UNION?
Bila dirunut dari akar bahasanya ( bahasa Latin ) credere; credo yang berarti ‘mempercayakan’, ‘menyimpankan’, ‘memberi pinjaman’, ‘menaruh kepercayaan kepada,” serta kata ‘unio’ yang berarti ‘kesatuan’, ‘persatuan,’ bisa dikatakan bahwa Credit Union adalah persatuan orang-orang yang saling percaya dan mempercayakan sesuatu kepada orang-orang yang dipercaya. Orang bisa dipercaya mengandaikan bahwa orang itu bisa diandalkan dalam hal integritas pribadinya, kejujurannya, ketulusannya, ketelitiannya. Karakter seseorang pun ternyata tidak cukup untuk menjalankan suatu lembaga termasuk lembaga keuangan semacam Credit Union. Oleh karena itu harus ada sistem yang baku yang dipilih untuk dilaksanakan sehingga seluruh pengelolaan lembaga tidak tergantung pada pribadi-pribadi tertentu yang sedang menjadi pengurus. Banyak koperasi atau CU yang kacau balau karena sistem tidak dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan tidak jarang beberapa pribadi pendiri atau pengurus menjadi sedemikian dominan dan dikultuskan yang memungkinkan terjadinya penyimpangan-penyimpangan.
Credid Union adalah lembaga usaha bersama di bidang keuangan yang dimiliki dan dikendalikan oleh semua anggotanya dengan tujuan untuk membantu para anggota mengelola uang mereka, melayani kredit dengan bunga yang terjangkau dan memberikan pelayanan bidang keuangan yang lainnya kepada para anggota dan masyarakat. Credit Union adalah lembaga keuangan yang mendasarkan pengelolaan bisnisnya pada nilai-nilai pemberdayaan ekonomi yang sangat cocok untuk mengangkat ekonomi rakyat. Credit Union adalah lembaga yang terbuka. Artinya, kebijakan lembaga dibuat, dilaksanakan dan dikontrol dengan sangat terbuka dan demokratis oleh anggota. Tujuan utama dari seluruh proses pengelolaan Credit Union adalah untuk kesejahteraan anggota.


Credit Union pertama kali didirikan di Jerman pada tahun 1864 oleh Friedrich Wilhelm Raiffeisen. Berdasarkan data dari World Council of Credit Unions, pada akhir tahun 2006 di seluruh dunia ada 46.377 Credit Union tersebar di 97 negara dengan total anggota lebih dari 186 juta orang. Credit Union membangun jaringan mulai dari tingkat lokal, nasional dan internasional sehingga keberadaan Credit Union ini tidak mudah goyah karena saling menopang dan bekerjasama.
Credit Union diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1968 oleh Pater C. Albrecht Karim Arbi, SJ. Saat ini Credit Union berkembang pesat di wilayah Bali, Jawa, Kalimantan dan Sumatera.

APA BEDANYA CREDIT UNION DENGAN BANK?
Perbedaan antara Credit Union dengan bank dan lembaga keuangan lainnya terletak dalam hal kepemilikan lembaga Credit Union. Semua anggota yang memiliki simpanan saham di Credit Union adalah pemilik Credit Union dan pengurus Credit Union dipilih dari dan oleh semua anggota secara demokratis dan bukan berdasarkan sedikit atau banyaknya uang yang disimpan di Credit Union. Meskipun berbeda dengan bank, Credit Union memberikan pelayanan seperti yang dilakukan oleh bank-bank pada umumnya seperti melayani anggota untuk menyimpan uangnya, atau melayani pinjaman untuk anggota.

APA KEUNTUNGAN MENJADI ANGGOTA CREDIT UNION?
1. Menjadi pemilik CU.
2. Memiliki hak suara atau mengambil keputusan di dalam Rapat Anggota Tahunan.
3. Memiliki hak untuk memilih dan dipilih menjadi pengurus dan pengawas.
4. Mendapatkan layanan fasilitas dan jasa yang terbaik seperti : deviden, aneka produk pinjaman dan simpanan, dana-dana sosial, konsultasi keuangan, asistensi bidang usaha, pelatihan-pelatihan bidang keahlian teknis, workshop dan seminar untuk memberdayakan kemampuan kewirausahaan anggota.
5. SHU atau mendapat bagian dari surplus hasil usaha lembaga.

CREDIT UNION ( CU ) ESTHI MANUNGGAL - B.H. No. 14122/BH/KDK.11/XII/2006


CU Esthi Manunggal didirikan pada tanggal 12 Desember 2001 oleh Dewan Paroki San Inigo Dirjodipuran dan mendapatkan pendampingan teknis dari CU Sawiran. Tujuan utama pendirian CU Esthi Manunggal adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat kelas menengah ke bawah. Saat ini CU Esthi Manunggal memiliki empat kantor pelayanan (TP) yaitu TP Solo / Pusat, TP Klaten, TP Sragen dan TP Magelang. Per 31 Desember 2009, CU mempunyai anggota 928 orang dan sekitar 1.800 calon anggota. Di tingkat wilayah Surakarta, CU Esthi Manunggal menjadi CU rujukan untuk studi banding dan learning community baik dari CU lain maupun dari institusi pendidikan. Visi CU ESTHI MANUNGGAL adalah menjadi Credit Union yang profesional, terpercaya, sehat dan kuat berdasarkan nilai-nilai pemberdayaan ekonomi masyarakat demi kesejahteraan anggota dan masyarakat pada umumnya.
APA YANG ISTIMEWA DARI CU ESTHI MANUNGGAL?
1. CU Esthi Manunggal terbuka kepemilikannya bagi siapapun ( wilayah Jateng ). CU bukan milik pribadi perorangan atau golongan tertentu.
2. CU Esthi Manunggal didirikan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. Tujuan utamanya adalah mensejahterakan masyarakat, terutama para anggota CU.
3. CU Esthi Manunggal dikelola oleh para pengurus yang dipilih secara demokratis dan untuk operasional sehari-hari ditangani oleh Manager yang bersertifikat dan para karyawan yang profesional.
4. CU Esthi Manunggal dikelola dengan sistem manjemen standar internasional.
5. Hasil audit team auditor Inkopdit maupun dari Kanwil Dinas Koperasi Provinsi Jateng, menunjukkan bahwa CU Esthi Manunggal merupakan CU yang sehat:
- Tahun 2008 mendapat nilai 84,60 dari nilai maksimum 100 (auditor Inkopdit)
- Tahun 2009 mendapat nilai 88,90 dari nilai maksimum 100 (auditor Inkopdit)
- Tahun 2009 mendapat nilai 90,89 dari nilai maksimum 100 ( auditor Kanwil DinKop )
- Total aset CU per akhir tahun 2009 adalah Rp. 6,3 milyar.
6. CU Esthi Manunggal memiliki jaringan sampai di tingkat internasional.
7. Simpanan dan pinjaman anggota CU Esthi Manunggal dilindungi Daperma yang dikelola oleh Inkopdit.
8. CU Esthi Manunggal menempatkan pendidikan dan pemberdayaan sebagai landasan utama untuk memperbesar dan memperkuat lembaga.

BAGAIMANA CARA MENJADI ANGGOTA CREDIT UNION?

Datang ke kantor pelayanan terdekat dan Anda akan dilayani para karyawan untuk mengisi formulir lalu Anda akan dibukakan rekening ( buku Simpanan ) calon anggota. Anda akan dimintai beberapa persyaratan yang sangat mudah seperti foto copy identitas dan surat-surat lain sesuai dengan keadaan calon anggota.

Kantor Pusat CU Esthi Manunggal
Jl. Singolodro I/1, Gajahan RT 03/IV, Surakarta 57115
Telp. (0271) 654233

Tidak ada komentar: